Minggu, 25 Mei 2014

MODEL KONSEPTUAL DOROTHHI E JHONSON



TEORI DAN MODEL KONSEPTUAL PENDEKATAN HOLISTIC DALAM KEPERAWATAN
“Dorothy E. Jhonson”
MAKALAH MATA KULIAH IKD 2
KELOMPOK IIIB

 














SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAH BANJARMASIN
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
2013


PENYUSUN

NO
NAMA
NPM
1
AGUS JULIANTO
13142011065
2
AHMAD FAISAL
13142011073
3
ERFAN MIHARDI
13142011105
4
M. KHAIRIL ANSARI
13142011110
5
LIA DWI APSARI
13142011083
6
RAHMITA SARI
13142011075
7
NELI HERNITA
13142011074
8
YULMA FADLIATUN NISA
13142011090
9
JULIA INDAH P.S
13142011085
10
ZAHRATUNNOR
13142011097
11
JABAL RAHMAH
13142011103
12
RAMIDAH
13142011104
13
MURSIDAH
13142011106
14
HANNA AWALIA .W
13142011107
15
SIHAH RIANIE SAID
13142011109
16
LINDA SAFITRI
13142011112
17
NURUL ISLAMIYATI
13142011113
18
NURFEBRIANI
13142011098



KATA PENGANTAR

            Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas karunia-Nyalah makalah ini dapat diselesaikan guna memenuhi tugas dalam Makalah IKD 2, materi yang dibahas berjudul “TEORI DAN MODEL KONSEPTUAL PENDEKATAN HOLISTIC DALAM KEPERAWATAN Dorothy E. Jhonson”.
Makalah ini adalah satu pendukung untuk memenuhi kebutuhan Mahasiswa dan Mahasiswi yang aktif, terampil, dan berani menyampaikan pendapat, dan mampu bekerja sama dengan rekan-rekannya. Kami menyadari keterbatasan dalam menyusun laporan ini, untuk itu kritik dan saran dari berbagai pihak, terutama kepada Dosen pembimbing yang kami harapkan.
Semoga laporan ini bermanfaat, memberi motivasi serta semangat dalam hal pembelajaran dari berbagai pihak.                                                             

                                                          Banjarmasin,     November 2013
                                                                                                           

                                                                                    Penyusun        


DAFTAR ISI
PENYUSUN..........................................................................................................2
KATA PENGANTAR...........................................................................................3
DAFTAR ISI..........................................................................................................4
BAB I .PENDAHULUAN.....................................................................................5
BAB II.PEMBAHASAN.....................................................................................10
BAB III.PENUTUP.............................................................................................27
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................28




BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Model konseptual keperawatan merupakan suatu cara untuk memandang situasi kerja melibatkan perawat didalamnya. Model konseptual keperawatan memperlihatkan petunjuk bagi organisasi dimana perawat mendapatkan informasi untuk menjadikan perawat peka terhadap apa yang terjadi pada suatu saat dengan apa yang terjadi pada suatu saat dengan apa yang harus dikerjakan. Model konseptual keperawatan digunakan dalam praktek, penelitian dan pengajaran.

Oleh karena itu model harus diperkenalkan untuk memperkuat prosesi perawat khususnya dalam mengoreksi pemikiran yang salah tentang profesi perawatan, bahwa perawat merupakan pembantu dokter dan tidak sedikit yang berpikiran bahwa perawat hanya mengikuti perintah dokter.

Teori keperawatan yang saat ini dikembangkan dan diterapkan serta diuji melalui pendidikan dan praktek keperawatan. Semua model menggambarkan 4 konsep yang sama, yaitu :
1.    Orang yang menerima Asuhan KeperawataN
2.    Lingkungan ( masyarakat )
3.    Kesehatan ( sehat / salut, kesehatan dan penyakit )
4.    Keperawatan dan peran perawat ( tujuan / sasaran, peran dan fungsi )

Teori - teori keperawatan dibangun atas empat konsep tersebut untuk menghasilkan suatu model keperawatan. Model keperawatan digunakan dalam praktek, penelitian dan pengajaran.


B.  Rumusan Masalah
1.    Bagaimana latar belakang teori Dorothy Jhonson ?
2.    Bagaimana keperawatan menurut Dorothy Jhonson ?
3.    Bagaimana konsep utama dari model teori Dorothy Jhonson ?
4.    Bagaimana model sistem prilaku menurut Dorothy Jhonson ?
5.    Bagaimana asumsi-asumsi teori Dorothy Jhonson ?
6.    Bagaimana aplikasi medol konseptual keperawatan menurut  Dorothy Jhonson ?
7.    Bagaimana kekuatan atau kelemahan teori Dorothy Jhonson ?

C.  Tujuan
1.    Mengetahui latar belakang teori Dorothy Jhonson
2.    Memahami defenisi keperawatan menurut Dorothy Jhonson
3.    Mengetahui konsep utama dari model Dorothy Jhonson
4.    Memahami model sistem prilaku menurut Dorothy Jhonson
5.    Memahami asumsi-asumsi teori Dorothy Jhonson
6.    Mengetahui aplikasi model konseptual keperawatan menurut Dorothy Jhonson
7.    Mengetahui kekuatan atau kelemahan teori Dorothy Jhonson


BAB II
PEMBAHASAN
A.  Biografi Dorothy E.  Jhonson
Dorothy Johnson lahirkan di Savannah, Georgia, pada 1919. Dia seorang Sarjana Muda Dalam Ilmu Pengetahuan Keperawatan dari Universitas Vanderbilt, Nashville, Tennesse, dan dia menguasai secara terbuka tentang ilmu kesehatan dari Harvard. Dia memulai penerbitan idenya tentang keperawatan sekitar segera setelah wisuda dari Vanderbilt. Kebanyakan dari hidupnya untuk berkarier sebagai guru di universitas dari California, Los Angles. Dia mengerjakan tugasnya secara beranting seperti Guru Besar, dan pensiun, 1 Januari,1978, dan setelah itu berada Florida. 

Dorothy Johnson sedang mempengaruhi profesinya melalui penerbitannya sejak 1950. Sepanjang kariernya, johnson telah menekan kepentingan dari penelitian yang mendasari pengetahuan perawatan oleh perawat pada klien. Johnson adalah suatu penganjur awal dari keperawatan sebagai satu pengetahuan seperti halnya satu seni. dia juga seorang perawa yang mempunyai satu tubuh pengetahuan yang mencerminkan keduanya,yaitu pengetahuan dan seni. Dari awal, Johnson mengajukan bahwa pengetahuan dari pengetahuan dari keperawatan penting bagi perawatan oleh perawat secara efektif meliputi satu sintese konsep kunci mengambil dari dasar dan ilmu terapan
Pada 1968, Johonson pertama mengusulkan modelnya dari perawatan oleh perawat sebagai perbantuan perkembangan dari "efisien dan berfungsi tingkah laku yang efektif pada pasien untuk mencegah penyakit. Diidentifikasi sebagai satu sistem tingkah laku dengan subsistim multipel. Dalam posisi ini Johnson mulai terintegrasikan konsep berhubungan ke model sistemnya ke pekerjaannya adalah selanjutnya digambarkan oleh pernyataan dia dari kepercayaan bahwa rawat adalah "dikaitkan dengan satu orang sebagai satu utuh terintegrasi dan ini pada pengetahuan spesifik dari order kita memerlukan. Tidak hanya untuk merawat kebutuhan untuk memedulikan bagian depan "utuh" klien kecuali generasi dari pengetahuan rawat memerlukan ambil satu kursus pada arah dari keprihatinan dengan kebutuhan seluruh dari klien.
Pada pertengahan 1970, beberapa juru keperawatan menerbitkan konsep dari keperawatan yang berlandaskan Johnson yaitu model sistem tingkah laku. Grubbs, Holaday, Skolny, dan Riehl, Damus, dan Bor adalah beberapa pengarang yang punya Johnson diinterpretasikan. Roy dan Wu dan orang lain berbagi kepercayaan mereka sekitar merawat pada waktu yang sama, dan pengaruhnya Johnson, seperti guru besar mereka, apakah crearly dicerminkan pada pekerjaan mereka. Pada 1980, Johnson menerbitkan konsepnya dari "Model Sistem tingkah laku Dari Keperawatan". Ini yang pertama pekerjaan yang diterbitkan oleh Johnson bahwa menjelaskan secara lengkap definisinya dari model sistem tingkah laku. Evolusinya pada pembangunan dari model kompleks dengan jelas dipertunjukkan pada kemajuan dari idenya, dari pekerjaannnyaterpublikasi pada 1950 kemudian pekerjaan tersedia yang terakhir diterbitkan pada 1980.

B.  Definisi Keperawatan Menurut Dorothy Jhonson
Johnson mengembangkan sistem tingkah lakunya untuk merawat dari satu perspektif filosofis "didukung oleh satu kaya, bunyi dan dengan cepat tubuh perluas dengan pengetahuan empiris dan teoritis". dari kepercayaan awal dia, yang difokuskan pada individu yang sakit, Johnson meningkatkan satu dari banyak definisi yang lebih luas dari keperawatan. Oleh 1980, dia mendefinisikan keperawatan seperti "satu kekuatan pengatur exsternal yang mana berulah memelihara organisasi dan integrasi dari sabar perilaku pada satu taraf optimal di bawah kondisi itu dimana perilaku mendasari satu ancaman fisik atau kesehatan kemasyarakatan, atau dimana penyakit ditemukan". Didasari di sini definisi, empat gol dari keperawatan adalah untuk membantu sabar untuk menjadi seseorang.


1.    Siapa perilaku adalah setaraf dengan permintaan kemasyarakatan.
2.    Siapa mampu untuk memodifikasi perilakunya di jalan dukungan itu sangat mendesak biologi.
3.    Siapa dapat bermanfaat bagi ke paling penuh luas selama penyakit dari pengetahuannya ahli pengobatan dan keterampilan.
4.    Siapa perilaku yang tidak membuktikan dengan trauma yang tak perlu sebagai satu konsekwensi penyakit.

C.  Model Sistem Prilaku Menurut Dorothy Jhonson
Model sistem prilaku adalah model asuhan keperawatan yang menganjurkan pembinaan yang efisien dan efektif fungsi perilaku pada pasien untuk mencegah penyakit. Pasien diidentifikasi sebagai sistem perilaku yang terdiri dari tujuh subsistem perilaku: afiliatif, ketergantungan, ingestive, eliminatif, seksual, agresif, dan prestasi. Tiga persyaratan fungsional untuk setiap subsistem termasuk perlindungan dari pengaruh berbahaya, ketentuan untuk memelihara lingkungan, dan stimulasi untuk pertumbuhan. Ketidakseimbangan dalam salah satu subsistem perilaku menyebabkan ketidakseimbangan. Ini adalah peran keperawatan untuk membantu klien untuk kembali ke keadaan keseimbangan.
1.    Konsep utama
Johnson (1980) memandang manusia sebagai memiliki dua sistem utama : sistem biologis dan sistem perilaku. Ini adalah peran obat untuk fokus pada sistem biologis, sedangkan fokus keperawatan adalah sistem perilaku.
Konsep manusia didefinisikan sebagai sistem perilaku yang berusaha untuk membuat penyesuaian terus-menerus untuk mencapai, mempertahankan, atau mendapatkan kembali keseimbangan yaitu adaptasi.
a.    Klien
Sistem perilaku orang yang terancam atau secara potensial terancam oleh penyakit (ketidak seimbangan) dan atau dirawat di rumah sakit.
b.    Lingkungan
Tidak terdapat tempat khusus yang di identifikasi
c.    Kesehatan
Suatu sistem perilaku orang yang berfungsi secara efisien dan efektif yang mempertahankan keseimbangan atau kestabilan dengan beradaptasi atau menyesuaikan terhadap kekuatan dari luar
d.   Keperawatan
Pengaturan kekuatan dari luar untuk menstabilkan sistem perilaku klien dan memulihkan, mempertahankan, atau mencapai keseimbangan.

                                 I.                   Sistem Perilaku
Manusia adalah sistem yang menunjukkan status sistem melalui perilaku.
                              II.                   Sistem
Itu yang berfungsi secara keseluruhan berdasarkan terorganisir interaksi independen bagian-bagiannya.
                           III.                   Subsistem
Sebuah mini system dipertahankan dalam hubungan dengan seluruh system ketika atau lingkungan tidak terganggu.

Tujuh Subsistem (Johnson, 1980)
a)   Lampiran atau subsistem afiliatif
Melayani kebutuhan keamanan melalui inklusi sosial atau keintiman.
b)   Ketergantungan subsistem
Perilaku yang dirancang untuk mendapatkan perhatian, pengakuan, dan bantuan fisik.
c)    Ingestive subsistem
Memenuhi kebutuhan untuk memasok kebutuhan biologis untuk makanan dan cairan.

d)   Subsistem eliminatif
Fungsi untuk mengeluarkan limbah
e)    Subsistem Seksual
Melayani kebutuhan biologis prokreasi dan reproduksi
f)    Subsistem Agresif
Fungsi dalam diri dan perlindungan sosial dan pelestarian
g)   Prestasi subsistem
Fungsi untuk menguasai dan mengendalikan diri atau lingkungan

I.     Set
Kecenderungan untuk bertindak. Ini menyiratkan bahwa meski hanya memiliki beberapa alternatif dari yang untuk memilih respon perilaku, individu akan peringkat orang-orang pilihan dan memilih pilihan yang dianggap paling diinginkan.
II.      Fungsi
Konsekuensi atau tujuan dari tindakan.
III.   Persyaratan fungsional
Masukan bahwa sistem harus menerima untuk bertahan dan berkembang
Tiga persyaratan fungsional manusia (Johnson, 1980)
a.       Untuk dilindungi dari pengaruh berbahaya dengan mana orang tersebut tidak dapat mengatasi
b.      Dipupuk melalui input pasokan dari lingkungan
c.       Untuk dirangsang untuk meningkatkan pertumbuhan dan mencegah stagnasi


2.    Subkonsep
a.    Struktur
Bagian-bagian dari sistem yang membentuk keseluruhan.
b.   Variabel
Faktor-faktor di luar sistem yang mempengaruhi perilaku sistem, tetapi sistem tidak memiliki kekuatan untuk mengubah.
c.    Batas
Titik yang membedakan interior sistem dari luar.
d.   Homeostasis
Proses menjaga stabilitas.
e.    Stabilitas
Balance atau steady-state dalam menjaga keseimbangan perilaku dalam rentang yang dapat diterima.
f.     Stressor
Sebuah stimulus dari dunia internal atau eksternal yang mengakibatkan stres atau ketidakstabilan.
g.    Ketegangan
Penyesuaian sistem untuk tuntutan, perubahan atau pertumbuhan, atau gangguan yang sebenarnya.
h.   Ketidakstabilan
Negara di mana output sistem energi menghabiskannya energi yang dibutuhkan untuk menjaga stabilitas.
D.  Asumsi-Asumsi Teori Dorothy
1.    Perawatan (nursing)
Perawatan, seperti yang dipandang Johnson, adalah tinmdakan eksternala untuk memberikan organisasi perilakupasien ketika pasien dalam kondisi strres dengan memakai mekanisasi pengaturan yang berkesan atau dengan penyediaan sumberdaya. Seni dan ilmu, memberikan eksternal baik sebelum dan selama gangguan keseimbangan system dan karenanya membutuhkan pengetahuan tentang order, disorder dan control. Aktivitas perawatan tadak bergantung pada wewenang medis tetapi bersifat pelengkap(komplementer) bagi medis/ pengobatan.
2.    Orang (person)
Johnson memandang manusia sebagai system perilaku dengan pola, pengulangan dan cara bersikap dengan maksud tertentu yang menghubungkan dirinya dengan lingkungannya. Pola-pola respon spesifik manusia membentuk keseluruhan yang terorganisasi dan terintegrasi. Person adalah system dari bagian-bagian interpedent yang membutuhkan beberapa aturan dan pengaturan untuk menjaga keseimbangan.
Johnson lebih jauh menganggap bahwa behavioral system adalah penting untuk manusia dan apabila ada tekanan yang kuat atau ketahanan yang rendah mengganggu keseimbangan sistemt perilaku , integritas manusia terancam. Usaha-usaha mausia untuk menbangun kembali keseimbangan membutuhkan pengeluaran energi yang luar biasa, yang menyisakan sedikit energi untuk membantu proses-proses biologis dan penyembuhan.
3.    Kesehatan(health)
Johnson memandang kesehatan sebagai suatu kondisi yang sulit dipahami(elusive) dan dinamis, yang dipengaruhi oleh factor-faktor biologis, psikologis dan social. Kesehatan menjadi suatu nilai yang diinginkan oleh para pekerja kesehatan dan memfokuskan pada person bukanya penyakit.
Kesehatan direfleksikan oleh organisasi, interaksi, saling ketergantungan subsistem –subsistem dari system perilaku. Manusia berusaha mencapai keseimbangan dalam system ini yang akan mengarah ke perilaku fungsional. Keseimbangan yang kurang baik dalam persyaratan structural atau fungsional cenderung mengarah ke memburuknya kesehatan. Ketika system membutuhkan sejumlah energi minimum untuk pemeliharaan, suplai energi yang lebih besar yang tersedia mempengaruhi proses biologi dan penyembuhan.

4.    Lingkungan
Dalam teori Johnson , lingkungan terdiri dari seluruh factor yang bukan bagian system perilaku individu tetapi hal itu mempengaruhi system, dan dapat dimanipulasi oleh perawat untuk mencapai kesehatan yang menjadi tujuan pasien. Individu menghubungkan dirinya untuk berinteraksi dengan lingkungan-nya. System perilaku berusaha menjaga equilibrium dalam respon terhadap factor lilngkungan dengan mengatur dan adaptasi terhadap kekuatan yang menyertainya. Gaya lingkungan yang kuat secara berlebihan mengganggu keseimbangan system perilaku dan mengancam stabilitas seseorang jumlah energi yang tidak tentu dibutuhkan supaya system membangun kembalieqilibrium dalam menghadapi tekanan-tekanan berikutnya. Ketika lingkungan stabil, individu dapat melanjutkan dengan perilaku-perilaku yang baik.

E.  Paradigma Keperawatan menurut Dorothy E Johnson
Manusia : Johnson berpendapat bahwa manusia memiliki dua sistem mayor yaitu sistem biologis dan sistem behavior. Pengobatan merupakan fokus untuk biologis sistem, sedangkan fokus keperawatan adalah behavioral system (sistem perilaku).
Lingkungan : Lingkungan berhubungan dengan dimana individu berada, dimana  perilaku individu dipengaruhi oleh hal-hal yang terjadi dilingkungannya.
Kesehatan : Merupakan suatu keadaan dimana tercapai suatu respon yang adaptif secara fisik, mental, emosional dan sosial dari internal dan eksternal stimulus yang mencapai stabilitas dan kenyamanan.
Keperawatan : Tujuan primer keperawatan adalah mempercepat tercapainya keadaan equilibrium dan perawat harus berkosentrasi pada semua kebutuhan klien secara terintegrasi, namun fokus utamanya adalah mempertahankan keseimbangan sistem perilaku ketika dalam keadaan sakit.


F.   Aplikasi Model Konseptual Keperawatan Menurut Dorothy Jhonson
Perawat masa kini dituntut untuk menggunakan metode pendekatan pemecahan masalah ( problem solving approach ) didalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien. Metode ini dilaksanakan dengan cara menggunakan proses keperawatan dalam semua aspek keperawatan. Untuk dapat menerapkan proses keperawatan maka perawat harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan, tindakan diagnosa keperawatan, memformulasi rencana, dan melaksanakan tindakan keperawatan secara membuat evaluasi.
Pengkajian merupakan langkah awal dalam proses keperawatan pengkajian fisik dalam keperawatan pada dasarnya dapat diperoleh dengan jalan : inspeksi, palpasi, perkusi, dan auskultasi. Pengkajian fisik pada prinsipnya dikembangkan berdasarkan model keperawatan yang berfokus pada prinsipnya dikembangkan berdasarkan model keperawatan yang berfokus pada respon yang ditimbulkan pasien akibat adanya masalah kesehatan atau pengkajian fisik keperawatan harus mencerminkan diagnosa klien yang meliputi fisik / bio - psiko - sosio dan spiritual tindakan untuk mengafosinya.
Untuk mendeterminasi tujuan pengkajian fisik dari keperawatan kita harus yakin bahwa data yang akan kita kumpulkan benar - benar kita butuhkan dan kita mempunyai alternatif tindakan terhadap masalah yang muncul pada data tersebut. Tetapi bila pegkajian fisik tersebut bertujuan hanya untuk bahan laporan kepada tim medis yang lain (dokter) sebaiknya perawat menyerahkan bagian tersebut pada tim medis tersebut


G. Kekuatan Atau Kelemahan Teori Dorothy Jhonson
Kekuatan:
Dia memberikan kerangka acuan bagi perawat yang bersangkutan dengan perilaku klien tertentu.
Model perilaku Johnson dapat digeneralisasikan di seluruh jangka hidup dan lintas budaya
.
Kelemahan :
Johnsons tidak jelas saling berhubungan konsep nya subsistem. Kurangnya definisi yang jelas untuk hubungan timbal balik antara dan antara subsistem membuat sulit untuk melihat seluruh sistem perilaku sebagai suatu entitas.
Kurangnya keterkaitan yang jelas antara konsep menciptakan kesulitan dalam mengikuti logika kerja Johnson.
                               
BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Ditinjau dari kebutuhan keperawatan maka ruang lingkup pengkajian fisik keperawatan dapat dikembangkan berdasarkan keperawatan. Untuk menentukan model yang dapat diterapkan di Indonesia, maka perlu diadakan suatu pengkajian tentang masalah kesehatan di Indonesia, sistem pelayanan kesehatan, sosial budaya peran perawat yang diharapkan.
Diharapkan dengan mempelajari dan memahami pengkajian keperawatan yang optimal perawat dapat memberikan pelayanan secara profesional baik dalam bentuk pemberian pelayanan keperawatan maupun asuhan keperawatan.
B. Saran
Semoga dalam pembuatan makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca terutama didalam “Konsep Dasar Keperawatan“ tentang “Aplikasi Model Konseptual Keperawatan menurut Johnson“.

2 komentar: